Dalam satu sumber daya yang terpenting dalam pencapaian tujuan organisasi
adalah manusia, baik yang disebut dengan karyawan, buruh atau pekerja. Sumber
daya ini disebut dengan sumber daya manusia (human resources).Bagaimanapun
majunya teknologi dewasa ini yang telah menggantikan sebagian besar tenaga
kerja dengan robot, namun faktor manusia masih tetap memegang peranan penting
bagi suksesnya suatu organisasi. Manajemen suatu organisasi memerlukan manusia
yang mempunyai daya di dalam dirinya berupa kemampuan fisik dan kemampuan
psikis yang dapat dikembangkan. Dengan kata lain peranan manusia di dalam
organisasi sangat penting baik dalam mengelola maupun mengendalikan organisasi
di bidang pemerintah atau swasta.
Salah satu faktor utama penentu keberhasilan tujuan organisasi
adalah disiplin karyawan. Untuk terlaksanannya tugas umum pemerintahan dan pembangunan
dalam suatu lembaga/organisasi, maka diperlukan kemampuan dari setiap komponen
yang berada didalamnya untuk bertindak sesuai dengan peraturan, norma dan
ketentuan yang berlaku. Dengan kata lain dituangkan dengan visi dan misi
organisasi serta lingkungan yang didasari oleh disiplin yang tinggi dari
masing-masing karyawan yang berada di dalamnya, karena tanpa dukungan disiplin
kerja yang baik, pelaksanaan tugas pokok dan fungsi serta wewenang yang telah
ditetapkan suatu organisasi akan sulit terwujud. Oleh karena itu disiplin dapat
dinyatakan sebagai kunci keberhasilan organisasi.
Ukuran terakhir keberhasilan dari suatu departemen personalia
adalah prestasi kerja. Karena baik departemen itu sendiri maupun karyawan
memerlukan umpan balik atas upayanya masing-masing, maka prestasi kerja dari
setiap karyawan perlu dinilai. Oleh karena itu penilaian prestasi kerja adalah
proses melalui mana organisasi-organisasi mengevaluasi atau menilai prestasi
kerja menurut Heidrahman dan Husnan (2003:126),
Prestasi kerja sendiri memiliki beberapa faktor pendukung sebagai persyaratan,
yaitu:adanya kemauan kerja yang tinggi, kemampuan kerja yang sesuai dengan
pekerjaan yang dikerjakan, lingkungan yang nyaman, penghasilan dapat memenuhi
kebutuhan hidup minimum jaminan sosial yang memadai, kondisi kerja yang
manusiawi dan hubungan kerja yang harmonis.
Selangkapnya terkait PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP
PRESTASI KERJA PEGAWAI DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN KOTA PARIAMAN Dari mulai
BAB I hingga BAB 5 Penutup Silahkan Donwload Disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar